Influencer Pemula? Lakukan Ini Sebelum Memulai Kerjasama Dengan Brand atau Agensi

 

Belakangan ini, dunia influencer sangat gandrung diminati oleh banyak kalangan. Tak terkecuali pemula pun, ikut berbondong-bondong memenuhi jajaran influencer.

Niatnya tentu macam. Dari hanya sekedar iseng sampai untuk mendapatkan cuan.

Nah, kira2 apa saja ya yang dapat kita lakukan sebagai influencer ketika brand/agensi mengajak kerjasama?

 

1. Cari Tahu to do list-nya

Cari tahu apa yang harus kita lakukan dan yg tidak. Perhatikan S&K nya, ini penting demi meminimalisir revisian. Bekerja dengan teliti satu kali lebih baik dibanding kerja serampangan namun hasilnya harus berkali-kali revisi. Capek kan ya.


2. Pelajari Type Perusahaan yang akan Kita Promosikan

Jangan sampai terjebak dengan kerja sama terselubung yg seolah-olah benar namun esensinya melanggar nilai-nilai yg kita anut. Tetap miliki idealisme, ya! Misal no Miras, Judi, SARA, dll.


3. Tentukan Ratecard

Dengan pengalaman yg kita punya, kita dapat mengukur harga yg pantas untuk sebuah kerjasama. Pertimbangkan level effort yg akan kita keluarkan... Misal untuk artikel yg 300 kata tentu berbeda dengan 500kata. Placement tentu berbeda dengan artikel yang kita buat sendiri.  Lalu bagaimana jika dari brand sudah menawarkan harga? Kita masih bisa nego dengan cara baik-baik tentunya.


4. Balas dengan Bahasa yang Santun

 

Tunjukkan bahwa kita adalah influencer yang memiliki attitude yang baik. Kebanyakan para pemula karena bingung dan belum terbiasa mendapatkan email atau tawaran kerjasama. Biasanya dijawab singkat dan kurang sopan. Gunakan salam pembuka, dan kata ajaib seperti tolong, terimakasih, mohon maaf, dan diakhiri dengan salam penutup.


5. Kerjakan Sesuai Deadline. 

 

Jangan molor ya, karena biasanya brand atau agensi males banget tuh dengan influencer/blogger yang ngaret. Jadi sebisa mungkin hindari, ya. Miliki schedule kerjasama sendiri, kalau kamu type pelupa, bisa ditandai menggunakan alarm.


6. Konfirmasi

Jangan lupa konfirmasi jika kamu sudah selesai melaksanakan tugasmu. Dengan cara melaporkan URL/link postingan kerja samamu, insigth dari media sosial, dll.  Jangan lupa menyertakan data nomer rekeningmu juga, hehehe.


7. Promote Postingan Kerjasamamu

Promote bisa dengan share di semua media sosialmu agar mendapat insight dari audience yg kita bidik.

Sudah menjadi tugas kita bukan untuk mempromosikannya?


8. Invoice Cair


Sebelumnya di S&K pasti ada tenggat waktu kapan fee mu akan cair. Tunggu saja, jika memang sudah disepakati. Dan ingatkan jika sudah molor melebihi batas waktu.

Jangan lupa ucapkan terimakasih jika sudah menerima fee dan tentunya tunjukan apresiasimu setelah bekerja sama.


***

Penulis @Shinefikri

www.shinefikri.com

16 komentar:

  1. Tipsnya sangat berguna Mom buat kita yang partime sebagai influencer. Makasih Mom.

    BalasHapus
  2. To do list harus tau di awal ya juga hal-hal lainnya supaya jelas. Mencari tahu type perusahaan juga penting siapa tau perusahannya lagi ada masakah kan

    BalasHapus
  3. Kadang menentukan ratecard ini yang masih suka galau mom. Kasih ratecard yang menurut kita bagus, eeh ketinggian dan nggak jadi deal kerjasama. Kasih ratecard terlalu rendah kok nyesek. Hehehe. Coba bahas tentang ratecard ini dong mom.

    BalasHapus
  4. Berarti ratecard itu senantiasa diperbarui yaa, min?
    Aku kemarin barusan ditanyain rate card dan sampai sekarang belum aku sesuaikan dengan perkembangan follower juga ER masing-masing sosial media.

    BalasHapus
  5. Nentuin ratecard ini memang tergantung rejeki yaa. Dan pastinya buat ratecard kudu liat kemampuan kita ya, min

    BalasHapus
  6. masih suka bingung nentuin rate card nih ma, masih suka nanya sana sini pas di tanya ratecard, padahal harusnya percaya diri ya^_^

    BalasHapus
  7. Balas dengan bahasa santun itu menentukan banget deh, dia menjadi attitude tersendiri yg akan diingat oleh brand

    BalasHapus
  8. Kalo dipintai ratecard tu saya suka bingung. Berasa gak pede gitu. Mending sudah ditentukan oleh sananya. Jika merasa sesuai ambil, jika tidak ya menolak.

    BalasHapus
  9. Dapat ilmu baru nih aku dari Conecting Mama.Selama ini dapat job jadi influencer kebetulan melalui agency jadi fee-nya sudah ditentukan.Untuk menentukan ratecard,belum berpengalaman nih mom apalagi jam terbangku belum tinggi.Salam:Dennise Sihombing

    BalasHapus
  10. Wajib banget nih tipsnya jd catatan bagi para influencer pemula, supaya tdk tersesat di dunia peronfluenceran. Thanks sharingnya Mams...
    Btw itu kata yang banyak yg msh disingkat yg Mams heheh...

    BalasHapus
  11. Wah ini tipsnya lengkap banget. Info yang bermanfaat untuk saya. Terima kasih infonya ya connecting mama.

    BalasHapus
  12. Yang paling penting komitmen saat mengerjakan dan komunikasi ya mom biar ga ada miss

    BalasHapus
  13. Waaahhh .... Pas banget nih, baru aja bingung karena klien telat bayar kudu gimana, ternyata emang boleh ditagih, hhee.

    BalasHapus
  14. Terima kasih Mama, komplit nih! Sampai sekarang masih ragu tentang rate card. Enggak Ada angka saklek tapi ya lebih ke menghargai usaha diri

    BalasHapus
  15. kalau aku yang paling susah itu menentukkan rate card, gimana ya, suka bingung aja kalau nawarin sendiri

    BalasHapus
  16. Connecting Mama kan terkenal tuh, influencer-nya bergandengan tangan degnan erat dan saling berbagi ilmu, jadi kalo baca postingannya di blog pastiiii banyak dapat insight!

    BalasHapus