Influencer Pemula? Lakukan Ini Sebelum Memulai Kerjasama Dengan Brand atau Agensi

 

Belakangan ini, dunia influencer sangat gandrung diminati oleh banyak kalangan. Tak terkecuali pemula pun, ikut berbondong-bondong memenuhi jajaran influencer.

Niatnya tentu macam. Dari hanya sekedar iseng sampai untuk mendapatkan cuan.

Nah, kira2 apa saja ya yang dapat kita lakukan sebagai influencer ketika brand/agensi mengajak kerjasama?

 

1. Cari Tahu to do list-nya

Cari tahu apa yang harus kita lakukan dan yg tidak. Perhatikan S&K nya, ini penting demi meminimalisir revisian. Bekerja dengan teliti satu kali lebih baik dibanding kerja serampangan namun hasilnya harus berkali-kali revisi. Capek kan ya.


2. Pelajari Type Perusahaan yang akan Kita Promosikan

Jangan sampai terjebak dengan kerja sama terselubung yg seolah-olah benar namun esensinya melanggar nilai-nilai yg kita anut. Tetap miliki idealisme, ya! Misal no Miras, Judi, SARA, dll.


3. Tentukan Ratecard

Dengan pengalaman yg kita punya, kita dapat mengukur harga yg pantas untuk sebuah kerjasama. Pertimbangkan level effort yg akan kita keluarkan... Misal untuk artikel yg 300 kata tentu berbeda dengan 500kata. Placement tentu berbeda dengan artikel yang kita buat sendiri.  Lalu bagaimana jika dari brand sudah menawarkan harga? Kita masih bisa nego dengan cara baik-baik tentunya.


4. Balas dengan Bahasa yang Santun

 

Tunjukkan bahwa kita adalah influencer yang memiliki attitude yang baik. Kebanyakan para pemula karena bingung dan belum terbiasa mendapatkan email atau tawaran kerjasama. Biasanya dijawab singkat dan kurang sopan. Gunakan salam pembuka, dan kata ajaib seperti tolong, terimakasih, mohon maaf, dan diakhiri dengan salam penutup.


5. Kerjakan Sesuai Deadline. 

 

Jangan molor ya, karena biasanya brand atau agensi males banget tuh dengan influencer/blogger yang ngaret. Jadi sebisa mungkin hindari, ya. Miliki schedule kerjasama sendiri, kalau kamu type pelupa, bisa ditandai menggunakan alarm.


6. Konfirmasi

Jangan lupa konfirmasi jika kamu sudah selesai melaksanakan tugasmu. Dengan cara melaporkan URL/link postingan kerja samamu, insigth dari media sosial, dll.  Jangan lupa menyertakan data nomer rekeningmu juga, hehehe.


7. Promote Postingan Kerjasamamu

Promote bisa dengan share di semua media sosialmu agar mendapat insight dari audience yg kita bidik.

Sudah menjadi tugas kita bukan untuk mempromosikannya?


8. Invoice Cair


Sebelumnya di S&K pasti ada tenggat waktu kapan fee mu akan cair. Tunggu saja, jika memang sudah disepakati. Dan ingatkan jika sudah molor melebihi batas waktu.

Jangan lupa ucapkan terimakasih jika sudah menerima fee dan tentunya tunjukan apresiasimu setelah bekerja sama.


***

Penulis @Shinefikri

www.shinefikri.com

Tidak ada komentar: