Bagaimana Menghasilkan Uang dari Blog?


 

 

Halo Mama Digital!

 

Banyak Mama yang bertanya, bagaimana caranya kita menghasilkan uang dari Blog? Konon katanya, 'hanya' menulis dari Blog saja, bisa menjadi salah satu pemasukan yang cukup lumayan bagi Mama yang memang berada di rumah.

 

Lalu, bagaimana cara mendapatkan uang dari Blog di internet?

 

1. Memiliki Blog 

 

Tentunya, syarat utama agar Mama bisa mendapatkan penghasilan adalah memilik blog. Blog bisa dibuat secara gratis, baik melalui Blogger maupun Wordpress. Namun, ada baiknya, jika ingin mengelola blog secara profesional. Mama bisa mengubah terlebih dahulu, domain gratis menjadi berbayar. Domain berbayar contohnya adalah blog yang berakhiran .com, .id. .net, .me, dll.


2. Memiliki Blog yang Aktif

 

Blog yang aktif bisa dilihat dari postingan/tulisan yang dihasilkan. Blog bisa diupdate setiap hari atau paling sedikit sekali dalam seminggu. Blog yang memiliki konten yang konsisten diupdate, memiliki kualitas tulisan yang baik, maka bisa dikategorikan blog yang baik. Selain itu, blog yang baik juga adalah blog yang memiliki niche atau tema yang jelas. Misalkan blog tentang gaya hidup, kesehatan, kecantikan, pendidikan atau parenting, jalan-jalan atau travelling, dan lain sebagainya.

 

3. Menambahkan Google Adsense

 

Salah satu cara yang paling umum digunakan untuk mendapatkan uang dari blog adalah dengan menambahkan iklan atau Google Adsense pada blog yang sudah kita buat. Iklan dari Google Adsense ini akan tayang pada tulisan-tulisan kita atau di sisi kanan kiri tampilan blog. Jika ada orang yang tertarik dengan iklan tersebut (mengkliknya). Maka kita akan mendapatkan 'bayaran'dari Google, lho.

 

4. Mendapatkan Job Review

 

Selain dari Google Adsense, kita juga bisa mendapatkan 'bayaran' lain, yakni dengan melakukan Job Review. Job Review maksudnya adalah, kita mereview suatu produk baik itu barang atau jasa dio blog kita, dengan melakukan kerja sama mendapatkan imbalan berupa materi tertentu. Imbalan tersebut bisa berupa uang ataupun barter dengan produk yang nilainya tidak sedikit.


Job seperti ini tentunya sangat menguntungkan ya, Ma. Hanya dengan mereview atau beropini terhadap produk tertentu, kita bisa mendapatkan penghasilan tambahan walau dari rumah saja.


5. Job Afiliasi


Job Afiliasi maksudnya adalah, kita bekerja sama dengan Brand tertentu, dan melakukan kerja sama Afiliasi/Profit Sharing. Contohnya, ketika ada produk Brand yang kita review di blog atau kita iklankan, kemudian ada orang yang tertarik dengan produk tersebut, dan melakukan transaksi pembelian produk, maka kita sebagai Blogger, mendapatkan Profit Sharing senilai dengan angka yang sudah disepakati sebelumnya. Misalkan mendapatkan fee sebanyak 20-30% dari harga jual produk.


Jika kita membayangkan hanya satu blog saja, mungkin tidak banyak uang yang akan dihasilkan. Tapi, jika kita memiliki beberapa blog atau istilahnya 'ternak blog' maka uang atau materi yang dihasilkan akan berlipat-lipat dan rekening kita pun semakin menggendut, hehehe.


Tapi tetap ya, Ma. Prinsipnya adalah usaha tidak akan mengkhianati hasilnya. Siapa yang bersungguh, maka ia akan dapat. Man Jadda Wajada.


Apakah Mama tertarik menghasilkan uang dari Blog juga? Yuk, sharing di kolom komentar.



***


Penulis: @tettytanoyo

www.tettytanoyo.com

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar: