Bagaimana Menghasilkan Uang dari Blog?


 

 

Halo Mama Digital!

 

Banyak Mama yang bertanya, bagaimana caranya kita menghasilkan uang dari Blog? Konon katanya, 'hanya' menulis dari Blog saja, bisa menjadi salah satu pemasukan yang cukup lumayan bagi Mama yang memang berada di rumah.

 

Lalu, bagaimana cara mendapatkan uang dari Blog di internet?

 

1. Memiliki Blog 

 

Tentunya, syarat utama agar Mama bisa mendapatkan penghasilan adalah memilik blog. Blog bisa dibuat secara gratis, baik melalui Blogger maupun Wordpress. Namun, ada baiknya, jika ingin mengelola blog secara profesional. Mama bisa mengubah terlebih dahulu, domain gratis menjadi berbayar. Domain berbayar contohnya adalah blog yang berakhiran .com, .id. .net, .me, dll.


2. Memiliki Blog yang Aktif

 

Blog yang aktif bisa dilihat dari postingan/tulisan yang dihasilkan. Blog bisa diupdate setiap hari atau paling sedikit sekali dalam seminggu. Blog yang memiliki konten yang konsisten diupdate, memiliki kualitas tulisan yang baik, maka bisa dikategorikan blog yang baik. Selain itu, blog yang baik juga adalah blog yang memiliki niche atau tema yang jelas. Misalkan blog tentang gaya hidup, kesehatan, kecantikan, pendidikan atau parenting, jalan-jalan atau travelling, dan lain sebagainya.

 

3. Menambahkan Google Adsense

 

Salah satu cara yang paling umum digunakan untuk mendapatkan uang dari blog adalah dengan menambahkan iklan atau Google Adsense pada blog yang sudah kita buat. Iklan dari Google Adsense ini akan tayang pada tulisan-tulisan kita atau di sisi kanan kiri tampilan blog. Jika ada orang yang tertarik dengan iklan tersebut (mengkliknya). Maka kita akan mendapatkan 'bayaran'dari Google, lho.

 

4. Mendapatkan Job Review

 

Selain dari Google Adsense, kita juga bisa mendapatkan 'bayaran' lain, yakni dengan melakukan Job Review. Job Review maksudnya adalah, kita mereview suatu produk baik itu barang atau jasa dio blog kita, dengan melakukan kerja sama mendapatkan imbalan berupa materi tertentu. Imbalan tersebut bisa berupa uang ataupun barter dengan produk yang nilainya tidak sedikit.


Job seperti ini tentunya sangat menguntungkan ya, Ma. Hanya dengan mereview atau beropini terhadap produk tertentu, kita bisa mendapatkan penghasilan tambahan walau dari rumah saja.


5. Job Afiliasi


Job Afiliasi maksudnya adalah, kita bekerja sama dengan Brand tertentu, dan melakukan kerja sama Afiliasi/Profit Sharing. Contohnya, ketika ada produk Brand yang kita review di blog atau kita iklankan, kemudian ada orang yang tertarik dengan produk tersebut, dan melakukan transaksi pembelian produk, maka kita sebagai Blogger, mendapatkan Profit Sharing senilai dengan angka yang sudah disepakati sebelumnya. Misalkan mendapatkan fee sebanyak 20-30% dari harga jual produk.


Jika kita membayangkan hanya satu blog saja, mungkin tidak banyak uang yang akan dihasilkan. Tapi, jika kita memiliki beberapa blog atau istilahnya 'ternak blog' maka uang atau materi yang dihasilkan akan berlipat-lipat dan rekening kita pun semakin menggendut, hehehe.


Tapi tetap ya, Ma. Prinsipnya adalah usaha tidak akan mengkhianati hasilnya. Siapa yang bersungguh, maka ia akan dapat. Man Jadda Wajada.


Apakah Mama tertarik menghasilkan uang dari Blog juga? Yuk, sharing di kolom komentar.



***


Penulis: @tettytanoyo

www.tettytanoyo.com

 

 

 

 

 

13 komentar:

  1. Sayang banget blog saya cuma 1 yg di ACC AdSense yg lainnya masihh gagal. Bismilah next time bisa

    BalasHapus
  2. dari awal punya blog untuk curhat aja, aku gak menyangka juga sih sekarang jadi punya penghasilan sampingan dari ngeblog.. Alhamdulillah

    BalasHapus
  3. Ada tips gak, connecting mama...untuk blog dengan ads yang nyaman?
    Soalnya banyak testimoni, sejak ada ads nya suka mengganggu, terutama kalau akses blongnya melalui HP.

    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu jawab ya.. di adsense ataupun di blogspot (blogger) itu ada pengaturan tampilan iklan adsense, len. Jadi kita bisa atur sesuai tempat adsense yang kita inginkan biar ga ganggu pembaca. Tapi saya kurang paham kalau di wordpress

      Hapus
  4. Alhamdulillah dari blog aku bisa bantu perekonomian keluarga terutama di masa pandemi ini. Cuma blog aku belum dipasangin adsense nih. Masih ragu-ragu mau pasang apa nggak.

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah 2 blogku udah ada iklan Googlenya, tinggal PR lagi nih buat diurusi dengan baik juga seperti sih blog utama :D

    BalasHapus
  6. Man Jadda WA jadda bener banget ini Ma. Step nya udah aku jalani satu per satu, tinggal gaskeun update aja yg dikonsistenkan. Mm

    BalasHapus
  7. adsense ini belum coba, tertarik tapi belum paham hihi btw punya blog walau cuma satu disyukuri, memang sih dari segi materi gak sekeren teman teman yang lain tapi dari sini jadi punya temen baru dan gabung komunitas komunitas asik :)

    BalasHapus
  8. adsenseku ga bisa lagi jadi hanya bertumpu pada job saja nih Momin,,huhuhu sedihnya semoga bisa di ACC

    BalasHapus
  9. Memang blog sekarang bagaikan ladang rejeki ya, senang rasanya bisa nulis yang sesuai passion dan menghasilkan uang

    BalasHapus
  10. Wah, belum nyoba yang adsense. Masih perlu belajar. Apalagi kalo harus punya banyak blog, tentu harus bisa manajemen waktu dengan baik.

    Terima kasih infonyaa

    BalasHapus
  11. Aku bersaksi bahwa blog benar-benar mensejahterakan kehidupan keluarga kecilku. Dulu waktu kuliah, aku belum bisa beli laptop. Setelah banyak tawaran ngejob dari blog, aku bisa ngumpulin uangnya dan membeli laptop seharga 4,5 juta rupiah. Pure hasil dari duit job ngeblog. Ini suatu prestasi buatku.

    BalasHapus
  12. Pernah nyoba adsense tapi akhirnya aku cabut dari blog Ma, karena blognya jadi berat dan adsense-nya belum maksimal

    BalasHapus