Mencari Uang dari Media Sosial

Mencari uang dari media sosial


Sebenarnya apa sih media sosial itu?

Menurut para ahlinya, seperti  Philip Kotler dan Kevin Keller pengertian media sosial adalah sarana bagi konsumen untuk berbagi informasi teks, gambar, video, dan audio dengan satu sama lain dan dengan perusahaan dan sebaliknya.


Sementara orang awam menganggap media sosial sebagai media online (daring) yang dapat dimanfaatkan untuk sarana pergaulan sosial secara online di internet. Di mana para penggunanya dapat saling berkomunikasi, berinteraksi, berbagi, networking, dan berbagai kegiatan lainnya.


Apa Saja Media Sosial Itu?

Instagram, Facebook, Blog, Twitter, Tiktok, dan lain-lain.


Apa Manfaat Media Sosial?

Media sosial banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk beberapa hal, seperti;


1. Aktualisasi  Diri

Mereka menunjukkan bakat, kebolehan, kreativitas di sosial media seperti menulis di blog, foto di instagram, membuat video di youtube, agar diketahui atau dilihat orang banyak.

2. Menjalin Silaturahmi atau Sosialisasi

Media sosial berperan penting dalam mempertemukan hubungan mulai dari hubungan personal antar teman, hingga hubungan dengan rekan bisnis.

3. Membentuk Komunitas

Media Sosial mempermudah terbentuknya wadah tempat berkumpul, sehingga banyak masyarakat yang memiliki minat membentuk komunitas untuk saling bertukar 
informasi, melakukan berbagai kegiatan positif. Sebagai contoh seperti komunitas Connecting Mama, Tapis Blogger, dan lain sebagainya.

4. Media Pemasaran

Media sosial sudah menjadi wadah berkumpulnya banyak orang dari berbagai penjuru, maka media sosial sangat potensial untuk memasarkan sesuatu atau berbisnis dan menghasilkan uang di dalamnya.


Bagaimana Bisa Mendapatkan Uang dari Media Sosial?

Saat ini seiring dengan masuknya era digital, ditambah kondisi pandemic, semakin banyak masyarakat yang melakukan semua kegiatan di media sosial. Moment ini bisa dimanfaatkan dengan maksimal untuk berkarya dan mendapatkan uang dari media sosial, di antaranya dari blog dan instagram:


BLOG

kita dapat memanfaatkan media sosial satu ini untuk mencari uang dengan menulis di blog. Tentu saja ada syaratnya, yaitu:

  1. Tentukan Niche atau Tema blogmu, missal travelling, kuliner, parenting, atau lifestyle
  2. Buat blog diantaranya bisa  wordpress, blogspot
  3. Daftarkan blog dengan domain berbayar, karena klien bekerja sama untuk blog yang sudah domain. Di mana blog yang sudah domain ramah untuk dicari mesin SEO, setara dengan situs besar, 
  4. Jadwalkan menulis konten di blog, usahakan rutin seperti seminggu sekali, dua minggu sekali. Semakin rajin dan rutin performa blog semakin baik
  5. Naikkan DA/PA blog diantaranya dengan menulis konten yang berkualitas, dan minimal 1000 kata, buat judul jangan pendek agar mudah diindex Google.
  6. Bergabung dengan komunitas blogger, dan rajin berinteraksi seperti share artikel blog. 
  7. Jangan putus asa ketika 1-3 bulan blog belum mendatangkan hasil atau job, terus menulis, berbagi link tulisan ke media sosial, baik itu facebook, twitter, instgaram, dll. Seiring blog berjalan dan menjadi bagus, maka Insallah job akan menghampiri. 

Job blog seperti review produk, liputan even, konten placement, dengan nilai nominal beragam tergantung performa blog kita.


Instagram

Di sini selain bisa menjual sesuatu seperti  fashion, kecantikan, kita bisa menjadi Influencer di Instagram. Untuk menjadi influenser di Intagram yang harus dilakukan adalah:

  1. Buka akun instagram, dan gunakan nama akun yang mudah dikenal. Sebaiknya gunakan nama yang tidak ‘alay’ atau tidak mencerminkan niche instagram kita. Misal instagram niche parenting, nama akun ‘Bebek_Bawel’
  2. Tentukan niche yang sesuai dengan passion, misal suka dunia parenting bisa menulis konten dan membuat foto yang berhubungan dengan dunia anak, edukasi anak, dll
  3. Belajar menghasilkan foto yang apik dan konten yang bagus agar feed instagram rapi clean
  4. Share foto dan konten yang inspiratif atau  positif
  5. Rajin berinteraksi dengan postingan teman-teman seperti saling like, komen, agar Engagement instagram bagus. Karena sebagus apa pun konten kita, engagement tidak akan terjadi jika kita  pasif, kecuali mungkin kita sudah jadi seleb hits.
  6. Jalin dan pelihara interaksi dengan follower yang datang, agar mereka tidak bosan, dan mendapat impact positif dari konten yang kita share.
  7. Bergabung dengan komunitas,jika memiliki blog jadikan instagram sebagai etalase blog.

Jika job belum juga datang, jangan putus asa, terus kelola instagram kalian, karena dengan begitu, kalian akan mendapatkan tawaran endorsment dari beberapa brand ke depannya.


Penulis

Eni Martini


7 komentar:

  1. Sampai saat ini bermedsos buatku hobi untuk aktualisasi diri dan juga perbanyak teman, kalau akhirnya bisa mengahsilkan uang itu bonus banget. Masih latihan nulis-nulis juga nih dari senior di CM.

    BalasHapus
  2. Beberapa temen juga tertarik nih untuk dapetin uang dari medsos. Aku melihat ini tuh salah satu hal yg positif jadi nggak sekadar update foto selfie aja di medsos tapi bisa jadi cuan juga hehehe

    BalasHapus
  3. Baca ini jadi evaluasi diri. Butuh lebih terencana dan konsisten supaya konten yg dibuat berkualitas, bermanfaat. Hasil tidak mengkhianati usaha

    BalasHapus
  4. Saya lebih ke aktualusasi diri, tapi ga semua ditampilkan juga sig. Lebih ke sharing ilmu bermanfaat buat pembaca blog atau yg ngeliat2 IG saya

    BalasHapus
  5. Sejak ada sosial media dan semua bisa dikendalikan dengan media digital, memungkinkan kita semua terhubung ke dunia tanpa batas ya...
    Dan asalkan bisa memanfaatkannya dengan baik, maka hasilnya akan amazingly.

    BalasHapus
  6. layaknya pisau, media sosial bisa menjadi pisau bermata dua, bagaimana kita mau mengambil sisi negatif atau positif, yaa mendingan yang positifnya ya mama, salah satunya bisa menghasilkan, teman dapet rezeki dapat, alhamdulillah :)

    BalasHapus
  7. Benar sekali, di era digital ini banyak yang bisa kita kembangkan. Termasuk mencari uang dari media sosial. Saya juga sedang belajar supata bisa lebih memanfaatkan media sosial, nih. Kalau selain bisa dapat relasi/teman bisa dapat uang juga kenapa enggak ya kan, Ma?

    BalasHapus