Tips and Trick Memenangkan Lomba Blog


 

Menjadi pemenang dalam sebuah perlombaan, salah satunya lomba blog, pasti menjadi sebuah kebanggaan sendiri. Selain prestise, hadiah yang didapatkan juga pasti membuat hati senang bukan?

 

Lomba blog biasanya diselenggarakan oleh sebuah brand atau pun lembaga. Tujuannya tentunya untuk mengumpulkan tulisan-tulisan terbaik untuk mengkampanyekan value atau nilai sebuah produk yang diproduksi oleh sebuah perusahaan. Produk tersebut biasanya berupa barang atau pun jasa, dan para blogger diminta untuk mereview, menulis pengalaman, atau pun apapun tentang produk tersebut.

 

Bagaimana agar tulisan kita dilirik oleh para dewan juri lomba? Ini dia Tips and Trick dari Connecting Mama!

 

 1. Ide Kreatif

 

Kreativitas adalah kunci dari sebuah tulisan. Kreativitas bisa dituangkan melalui tulisan ataupun visual/audio visual. Kita harus berpikir OUT OF THE BOX. Dimana kita harus mencari ide yang tidak biasa, dan tidak sama dengan peserta lain.

 

Memang diperlukan pemikiran khusus, agar ide tulisan kita ini berbeda dengan tulisan lain. Caranya adalah, kita harus bisa 'memprediksi' tulisan yang akan ditulis oleh peserta lain, kemudian kita berusaha membuat hal lainnya yang tidak terpikirkan lainnya oleh siapapun. 

 

2. Kesesuaian dengan Tema

 

Walaupun kita dituntut untuk kreatif, tetap berhati-hati, jangan sampai  tulisan atau visual kita tidak sesuai dengan tema lomba. Ataupun bertentangan dengan value dari brand itu sendiri. Maka dari itu, kita harus banyak membaca dan membuat riset kecil-kecilan, agar tulisan kita sesuai dengan tema, tidak menyalahi value brand, dan sesuai dengan keinginan penyelenggara lomba.


3. Perkuat Story Telling


Biasanya, tulisan dengan Story Telling yang kuat dan baik, sering dilirik juri untuk menjadi juara. Jangan lupa untuk memberikan sentuhan personal pada tulisan, dan libatkan 'Keunggulan dan keunikan' diri kita dalam tulisan yang kita sertakan dalam lomba blog tersebut.


Story Telling yang diberikan sentuhan personal, tentunya akan menarik perhatian juri,bahkan menyentuh hati juri. Jadi maksimalkan bercerita atau berstory telling ya, Ma.


4. Kriteria Penjurian


Biasanya dalam sebuah lomba blog, dituliskan kriteria penjurian/penialaian, ataupun dewan juri yang akan melakukan penilaian. Sebisa mungkin, kita harus mencermati dan memenuhi kriteria pemenang blog semaksimal mungkin. Juga jika bisa, kita harus 'menerawang' selera juri dalam memilih pemenang.


5. Cermati Syarat dan Ketentuan Lomba dengan Baik


Walaupun terlihat sepele, ini adalah faktor penting dalam penjurian. Karena, sebagus apapun tulisannya, jika tidak memenuhi syarat dan ketentuan, maka tulisan tersebut akan gugur dan tidak akan menjadi juara. Syarat S dan K biasanya menyisipkan link, tulisan, gambar/poster, follow akun sosial media, dll.

 

Jadi, jangan lupa mengecek kembali Syarat dan Ketentuan perlombaan ya, Ma. Agar tulisan Mama bisa jadi juaranya.

 

Selain faktor 'Keberuntungan', ada baikanya, ketika kita mengikuti lomba blog, usaha atau ikhtiar maksimal harus dilakukan. Karena sejatinya, tidak ada usaha yang mengkhianati hasilnya. Dan jangan lupa selalu berdo'a ya, Ma.

 

Apakah Mama punya tips lain dalam memenangkan  lomba blog? Sharing di kolom komentar, yuk!



***

Penulis: @tettytanoyo

www.tettytanoyo.com


 

10 komentar:

  1. Ketentuan ini bisa menjatuhkan orang ya. Ketika dirasa sudah menyelesaikan semua persyaratan, eh ternyata ada yang terlewat ... dan itu rasanya konyol sekali.

    Oiya, satu lagi Mama ... kalau kita tahu jurinya siapa dan tahu seleranya atau tulisan yang bagaimana yang disukainya, wuih bakalan jossss.

    BalasHapus
  2. Cek kembali syarat ikut lomba blog penting banget. Aku bbrapa kali kejadian pas mau nulis, eh deadline lewat. Hehee. Makasih tipsnya mba Tetty

    BalasHapus
  3. Jadi kangen ikut lomba blog. Ketika awal awal terjun ke dunia blog, sya rajin banget ikut lomba blog. Alasan utamanya utk mengisi tulisan di blog yg masi minim tulisan

    BalasHapus
  4. Emang penting banget ya sebelum lomba mengetahui syarat dan memastikan juga jangan sampai ada typo. Pengen sih ikutan lomba lagi, apa daya udah sibuk dengan tugas sekolah anak2

    BalasHapus
  5. Selera juri itu yang paling sulit ditebak karena tetap ada unsur subjektivitas. Tulisan udah bagus, lengkap, dipermanis dengan foto, infografis, video ... tapi nggak sesuai selera juri, ya mau gimana lagi :))

    BalasHapus
  6. Kadang ada tulisan bagus tapi gak memenuhi persyaratan akhirnya gk lolos jd pemenang ya, makanya emang persyaratan dan ketentuan lomba kudu dibaca baik2 hehe. Udah lama tak ngeomba eui entah kenapa msh blm ada mood haha

    BalasHapus
  7. Udah lama ga ikutan lomba blog nih, aku tak sanggup. Sekarang kreatif2 banget nulis dan desainnya.

    BalasHapus
  8. cunggg belum pernah menang lomba blog, suka deh liat info grafis temen temen yang menang lomba blog, harus belajar nih

    BalasHapus
  9. Tipsnya harus segera dipraktekkan ini..
    Dan baru tahu kalau juri lebih suka yang model story telling. Terlihat lebih natural gitu kali ya..soft selling.

    BalasHapus
  10. Makasih mom masukkannya bagus bgt nih buat aku yg sering ikut lomba tp jarang menang hahaha

    BalasHapus