4 Jenis Games yang Membantu Mengembangkan Kecerdasan Anak

solitare kecerdasan anak


Hai, Ma!

Siapa disini anaknya yang suka main games? Hmm… pastinya pada angkat tangan semua yaa. Yes, bermain memang jadi bagian penting dalam dunia anak. Dengan bermain banyak hal yang bisa dilakukan anak. Dengan bermain juga anak bisa belajar banyak hal.

Di era digital saat ini, permainan telah menjadi sarana yang berharga untuk mengembangkan kecerdasan anak secara interaktif dan menyenangkan. Bukan hanya sebagai hiburan semata, tetapi permainan juga memiliki potensi untuk merangsang berbagai aspek kognitif dan emosional pada anak-anak.

Namun saat ini banyak orangtua yang khawatir jika anaknya terlalu banyak main games digital. Banyak issu bertebaran tentang permainan yang menimbulkan dampak negatif untuk anak. Efeknya, anak dilarang untuk bermain games digital. Padahal tidak semua bermain games itu berbahaya looh.. Kami pernah membahasnya bagaimana tips aman dalam bermain game online di blog ini.

Banyak pilihan permainan yang dirancang khusus untuk merangsang pertumbuhan intelektual mereka. Dalam tulisan ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis permainan yang dapat membantu mengasah kecerdasan anak dalam berbagai bidang, mengembangkan keterampilan esensial, dan membantu mereka meraih potensi terbaik dalam cara yang menyenangkan dan interaktif.

Nah, berikut 4 jenis permainan anak untuk mengembangkan kecerdasan anak :
 

1. Puzzle Games

Permainan puzzle selalu menjadi nomor satu dalam setiap pembahasan kategori permainan untuk anak. Puzzal bisa kita mainkan secara fisik bahkan kini sudah merambah ke dunia digital, seperti jigsaw, tangram, dan Sudoku ini dapat membantu mengembangkan kemampuan pemecahan masalah, logika, dan pemahaman pola pada anak-anak.

Manfaat bermain puzzle ini bisa membantu mengembangkan keterampilan pemecahan masalah yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Puzzle juga melibatkan berbagai aspek kognitif seperti pemahaman spatial, pemrosesan visual, dan manipulasi objek dalam pikiran. Efeknya membuat kecerdasan dalam matematika, ilmu pengetahuan, dan teknologi makin berkembang.

Dengan merangkai bagian-bagian menjadi satu kesatuan yang utuh, dapat membantu mengembangkan kemampuan berpikir logis dan analitis pada anak. Saat merakit puzzle dengan bagian-bagian yang kecil, anak-anak mengembangkan keterampilan motorik halus mereka, yang penting untuk kegiatan sehari-hari seperti menulis dan menggambar.

2. Logic and Math Games

Game yang berfokus pada logika dan matematika memiliki banyak manfaat penting untuk perkembangan kecerdasan anak. Seperti pemikiran kritis dan analitis saat anak-anak mencari solusi untuk tantangan matematika dan logika yang kompleks.

Anak-anak dapat mengembangkan berbagai keterampilan kognitif, analitis, dan matematis yang penting dalam kehidupan sehari-hari dan akademik. Bahkan jenis games ini dapat mengembangkan kreatifitas anak yang terkadang diluar nurul kita… eh… nalar maksudnya yaa…

3. Coding Games

Saat ini banyak sekali coding game yang ditawarkan ke anak-anak. Anak-anak dilatih untuk menjadi animator dan perancang gamesnya sendiri. Salah satunya adalah scratch jr. Bermain coding games, atau permainan yang mengajarkan konsep pemrograman dan logika komputer, memiliki sejumlah manfaat yang signifikan bagi perkembangan kecerdasan anak.

Semua manfaat puzzle dan logic & math games masuk kedalam coding games. Tapi untuk coding games mendorong anak-anak berpikir secara abstrak dan mengembangkan keterampilan kognitif tingkat tinggi seperti perencanaan jangka panjang, analisis mendalam, dan pemikiran kritis.

Meskipun pemrograman memiliki aturan tertentu, ada banyak cara kreatif untuk mengatasi tantangan dan mencapai tujuan. Ini mendorong anak-anak untuk berpikir kreatif dan mengembangkan solusi unik.

Pemahaman dasar tentang pemrograman dan logika komputer dalam coding games ini merupakan keterampilan yang semakin dicari di berbagai industri. Jadi udah dapat tuh ya dasar jadi programer masa depan di dunia kerja yang semakin teknologi.

4. Strategi Games

Bermain strategi games ini merupakan games dalam membuat rencana jangka panjang dan taktik jangka pendek untuk mencapai tujuan. Ini membantu anak-anak mengembangkan kemampuan perencanaan yang penting dalam kehidupan sehari-hari.

Strategi games mengajarkan anak-anak tentang konsep strategi, yaitu bagaimana mengalokasikan sumber daya, memanfaatkan kelemahan lawan, dan memaksimalkan keuntungan. Kemampuan ini berlaku dalam berbagai situasi, baik dalam permainan maupun dalam kehidupan nyata.

Sehingga diperlukan pemikiran analitis yang mendalam untuk mengevaluasi berbagai pilihan dan memilih langkah terbaik dalam permainan ini. Hal tersebut membantu anak-anak mengembangkan kemampuan analisis dan evaluasi.

Salah satu strategi games yang sudah ada sejak lama adalah Solitare. Duh siapa yang nggak kenal solitaire yaa.. Mama-mama remaja era 1990an pasti paham deh ya dengan games Solitare?

Nah, kali ini mamin juga akan mengenalkan sedikit manfaat bermain Solitare untuk kecerdasan anak.

Manfaat Games Solitare untuk Kecerdasan Anak

Game solitaire, seperti permainan kartu Solitaire yang populer, memiliki beberapa manfaat yang dapat membantu dalam perkembangan kecerdasan anak. Meskipun mungkin terlihat sebagai permainan santai, Solitaire sebenarnya melibatkan berbagai aspek kognitif dan strategi.

Dalam menentukan urutan langkah yang tepat untuk menghapus kartu dari tumpukan, anak-anak perlu merencanakan dan memikirkan konsekuensi dari setiap tindakan. Sehingga hal ini melatih anak agar mampu menyelesaikan masalahnya sendiri.

Selain pemecah masalah, game solitare juga mampu melatih anak-anak untuk cermat memainkan logikanya dalam menentukan kartu pilahannya plus melatih konsentrasinya. Biar anak tidak salah memilih kartu.

Meskipun Solitaire adalah permainan yang umumnya dimainkan sendiri, manfaat-manfaat ini dapat membantu dalam pengembangan berbagai keterampilan kognitif dan strategis pada anak-anak.

Ah, main Solitare kan cuma main kartu begitu doang.. monoton. Eh, siapa bilang?

Kalau dulu, game Solitare memang hanya satu macam saja, ternyataaa… ketika mamin mencoba website resmi Solitare, ada banyak macam game Solitare yang bisa kita mainkan dan main Solitare jadi tidak membosankan, seperti Cup of tea, Freecell, Gargantua, Gold Coast dan masih banyak lagi yang lainnya. Penasaran? Coba saja masuk ke website resminya di https://www.solitaire.org/

solitaire kecerdasan anak

Nah, itulah jenis games yang bisa membantu untuk mengembangkan kecerdasan anak. Perlu diperhatikan juga dalam memilih permainan harus disesuaikan dengan usia dan tingkat perkembangan anak. Kita juga harus mengawasi waktu yang dihabiskan di depan layar. Sehingga permainan dapat menjadi alat yang berharga untuk membangun pondasi kecerdasan yang kuat pada masa depan mereka.

Selamat mencoba ^_^

Penulis Mamin Ade UFi

Tidak ada komentar: