Sumber Ide Konten Untuk Media Sosial

sumber ide konten untuk sosial media

 

Hallo, Ma!


Dunia digital memang tidak lepas dari konten, ya, Ma. Yes! content still the king dalam dunia sosial media. Terkadang kita sebagai content maker kehabisan ide seiring berjalannya waktu. Mau konsisten tapi kepentok dengan ide. Bahkan sering membandingkan dengan content yang sudah ada. Alhasil maju mundur dan tak ada postingan baru di sosial media kita. 


Kali ini, Mamin coba jabarkan, nih, Ma! Sumber ide untuk konten bisa didapat dari mana saja. Ini dia!


1. Alam


Jika niche Mama adalah travelling, sebaiknya kemanapun Mama pergi tak luput untuk mendokumentasikannya dalam bentuk foto maupun video. Apalagi alam menyediakan begitu banyak sekali pelajaran baik dari ketenangan, dinginnya atau hangatnya cuaca. Setelahnya, jangan lupa 'retouch' video yang telah Mama rekam untuk konten yang relate dengan branding media sosial Mama ya. 


2. Human 


Human interest biasanya mengabadikan apa yang terjadi di sekitar yang melibatkan manusia itu sendiri. Tak perlu jauh-jauh, obrolan yang kita temui di pasar atau perjalanan pun bisa dijadikan ide untuk konten. Dari obrolan yang biasa, unik, sampai menggelitik. Iya karena setiap orang itu unik dengan ciri khasnya sendiri. 


3. Daily Life


Aktivis keseharian Kita bisa banget lho Ma dijadikan konten. Bahkan aktivitas Ibu Rumah Tangga sekalipun. Dari mulai bangun pagi hingga malam bisa kita pilih hal menarik yang dapat kita jadikan sesuatu yang menginspirasi. Misalnya, Masak memasak, bermain dengan anak, ketika mendidik anak, atau obrolan-obrolan bersama anak yang kadang tak terpikirkan sebelumnya. 


4. Buku


Buku menjadi jendela dunia dikarenakan ketika seringnya Mama membaca, semakin terbuka wawasan Mama. Biasanya inspirasi muncul ketika Mama berhasil mengolah kata dan rasa. Genre-nya bisa beragam, tergantung ketertarikan Mama sebagai pembaca. Buku pun menjadi acuan mindset dan bahkan perilaku kita. Oleh karenanya selektiflah dalam pemilihan buku yang bermanfaat dan bermutu.

 

5. Dari Kejadian Viral


Ide untuk Konten bisa dihasilkan dari kejadian Viral atau trending topic di media sosial. Tentunya disesuaikan dengan type konten Mama ya. Ada baiknya melihat dari kaca mata positif agar menghasilkan pelajaran dan manfaat, bukan hanya sekedar ikut-ikutan. 


Baca juga: Bagaimana Memulai Resolusi Tahun 2023?


Nah, bagaimana, Ma? Sudahkah Mama mendapatkan sumber ide untuk konten media sosial Mama? Tambahkan di kolom komentar ya jika ada sumber ide lainnya. 


Jika belum, Mama bisa mencoba 5 point di atas untuk mendapatkan ide. Ternyata tidak serumit yang dibayangkan, ya, Ma? 


Yup, betul. Sebenarnya jika sudah ada niat, mudah saja bagi siapapun untuk menemukan ide yang berhamburan yang telah tersedia seperti di atas ya Ma. Namun terkadang penyakit mager itulah yang membuat kita stuck menghasilkan karya. 


Baca juga: Ide Konten dari Dalam Rumah Aja!


Sedikit Tips untuk booster Mama  mendapatkan Ide untuk Konten: 


1. Miliki Bank Ide baik itu berupa tulisan, foto  maupun video. Tangkaplah ide-ide itu sesegera mungkin sebelum hilang dan terlupa dari ingatan. 


2. Jangan ada kata nanti. Jika bisa dikerjakan sekarang, Go!. Menunda-nunda menghasilkan kemageran stadium akut. 


3. Miliki Planning yang jelas, misalnya dalam seminggu kita akan posting konten 2x, tentukan hari apa saja dan buat jadwal 1 bulan ke depan dengan bank ide yang sudah tersedia. 



Selamat mencoba, Ma, semoga bermanfaat :)


***

Ditulis oleh Shine Fikri

9 komentar:

  1. Aku tuh paling nggak bisa bikin konten dari kejadian yang viral. Mungkin aku orangnya kurang perspektif kali yaa? Suka ngerasa shallow ketika baca tulisan mama lain di CM yang kalau bahas sesuatu tuh bisa dalam banget dan meaningful. Aku juga kepingin bikin ide konten dari buku, cuma ya bingung mulainya gimana. Mungkin mamin CM mau bikin workshop gimana nulis resensi buku? Seru banget tuh kayanya.

    BalasHapus
  2. ide konten buanyaaak ya, bisa berasal dari mana saja bahkan kegiatan sehari-hari rame juga viewersnya. Tergantung mau diolah seperti apa.

    BalasHapus
  3. Kalau sumber ide buat social media sih aku alhamdulillah akhir-akhir ini mengalir, apalagi kalau buat video. Yang mampet itu justru sumber ide buat nulis blog nih, Mamin.

    BalasHapus
  4. Ide konten sebenarnya banyak, tp waktu nya itu min. Hiks ada byk sharing jalan2 nih belum kutulis. Belum lagi kisah viral di medsos. Huaa

    BalasHapus
  5. Buat konten yang bagus ternyata bnyak sumbernya ya gk hanya satu sumber ajaa ..mau coba praktekin ah

    BalasHapus
  6. Asyik nih dapat banyak info baru cara membuat konten

    BalasHapus
  7. Setuju banget nih, pokoknya gak boleh ada kata nanti deh, karena kalau nanti, ntar, bakalan jadi mager deh jika dipelihara padahal sebenarnya kita punya ide yang banyak untuk menghasilkan sebuah konten.

    BalasHapus
  8. Jadi makin banyak ini solusi untuk tetap menulis
    Ide konten bisa datang darimana saja dan kapan saja
    Tinggal diri mau digenjot nulis atau tidak

    BalasHapus
  9. Terima kasih, CM.
    Kadang yang bingung bukan kontennya ya.. Tapi sering menuangkan idenya.
    Panduan banget ketika sudah memiliki bank konten.

    BalasHapus