Khitan Aman, Nyaman dan Menyenangkan di Klinik Sunat Bogor - Circum by Mutiara Cikutra

 



Assalamu’alaikum Mama Digital!

 

Apa kabar Mama? Semoga dalam keadaan sehat selalu, ya. Kali ini, Mamin akan berbagi cerita seputar khitan atau lebih dikenal dengan istilah sunat. Kenapa ya kali ini Mamin ingin membahas tentang khitan? Tentunya, karena khitan atau sunat ini dekat dengan dunia para Mama, terutama yang memiliki anak laki-laki di rumah.

 

Sejarah Khitan atau Sunat


Khitan atau Sunat sendiri berasal dari Bahasa Arab, yakni ‘khatana’ yang artinya memotong. Sedangkan secara istilah, khitan berarti memotong atau membuka kulit (quluf) yang menutupi ujung kemaluan laki-laki dengan tujuan bersih dari najis.

 

Rasulullah SAW bersabda, “Sunat (khitan) dianjurkan untuk laki-laki, dan hanya merupakan kebolehan bagi perempuan.” HR. Ahmad.

 

Walaupun masih ada beberapa perdebatan mengenai sejarah khitan atau sunat ini, tapi seperti yang sama-sama kita ketahui, bahwa khitan ini merupakan risalah yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim AS. Beliau berkhitan di usia 80 tahun dengan menggunakan kapak. Hal ini sesuai dengan sabda Rosulullah SAW:

 

“Nabi Ibrahim AS berkhitan pada usia 80 tahun dengan menggunakan kapak.” HR. Bukhari Muslim.

Namun, ada juga sejumlah Riwayat yang mengatakan bahwa khitan atau sunat ini sudah dilakukan oleh manusia pertama di bumi ini, yakni Nabi Adam AS. Beliau  melakukannya setelah bertaubat kepada Allah SWT, karena telah melakukan dosa yakni memakan buah terlarang (khuldi) yang menyebabkan Nabi Adam AS diusir dari syurga.

 

Manfaat Khitan bagi Kesehatan

 

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa berkhitan menjadi salah satu ‘ajaran’ yang dicontohkan oleh para Nabiallah di muka bumi. Mengapa demikian? Karena khitan ini memiliki banyak sekali manfaat, terutama bagi Kesehatan laki-laki.

 

Beberapa manfaat Khitan atau Sunat diantaranya:

 

  1. Memudahkan untuk membersihkan kepala penis
  2. Mengurangi resiko terserang Infeksi Menular Seksual
  3. Mencegah kanker penis, balanitis, balanopostitis, fimosis, dan parafimosis
  4. Mengurangi kanker serviks pada pasangan

 

Selain bermanfaat untuk Kesehatan, berkhitan juga merupakan salah satu bentuk menjaga fitrah manusia, yakni dalam kebersihan dan memelihara diri. Khitan ini merupakan risalah yang diturunkan Nabi Ibrahim AS, agar umat manusia senantiasa menjaga fitrahnya yakni menjaga kesucian diri.

 

Dari Abu Hurairah RA, ia berkata, “Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda: Fitrah itu ada lima, yakni khitan, mencukur bulu kemaluan, memotong kumis, memotong kuku, dan mencabut bulu ketiak.” (HR. Bukhari Muslim).

 

Sehingga dapat disimpulkan, manfaat khitan secara syariat adalah menjaga fitrah manusia dalam menjaga kesucian dirinya. Dan fitrah ini tentunya bukan hanya dilakukan oleh umat Islam, namun umat lain pun melakukannya, karena memang besar sekali manfaat khitan bagi manusia.

 

Kendala Anak yang akan dikhitan

 

Bagi kita orang dewasa, memiliki ilmu atau pengetahuan tentang khitan tentu sangat bermanfaat dan membuat kita setuju dengan pelaksaan khitan atau sunat ini. Namun bagaimana dengan anak-anak?

 

Otak anak mungkin masih sulit mencerna apa manfaat dari khitan ini, anak-anak pun pasti sukar mengerti bahwa khitan ini adalah risalah yang dibawa oleh Nabi Ibrahim AS. Mungkin, dalam benak anak, khitan atau sunat adalah proses yang menakutkan dan menyakitkan saja. Sehingga, sangat perlu untuk melakukan ‘treatment khusus’ bagi anak-anak yang hendak berkhitan.

 

Jika tidak, bisa diprediksi anak akan menolak untuk dikhitan, karena dibayangi oleh prosesnya yang menyeramkan.

 

Pasca khitan yang Menakutkan

Selain itu, bukan saja ketakutan sebelum melalukan proses khitan, namun ketakutan juga muncul ketika membayangkan pasca khitan yang menyakitkan. Anak membayangkan akan kesulitan dalam beraktivitas, bergerak, bermain, mandi, buang air kecil, dll.

 

Hal ini tentu wajar, karena anak-anak belum memiliki banyak pengetahuan. Dan bukan kah tugas orang tua yang harus bisa meyakinkan dan membujuk anak agar mau dikhitan serta memastikan proses pra dan pasca khitan tetap membuat anak aman dan nyaman?

 

Khitan Aman, Nyaman dan Menyenangkan di Klinik Sunat Circum by Mutiara Cikutra KotaBogor

 




Seperti yang sudah Mamin ceritakan di atas ya, hikmah dan manfaat khitan atau sunat ini sangat banyak dan baik sekali, namun manfaat dan hikmah ini belum tentu bisa dipahami oleh anak-anak. Maka dari itu, perlu dilakukan ‘treatment khusus’ agar anak mau dikhitan tanpa rasa takut dan trauma.

 

Circum by Mutiara Cikutra adalah Klinik Sunat yang berdiri sejak tahun 2010 yang dulu lebih dikenal dengan nama Klinik Mutiara Cikutra. Menyediakan tenaga medis yang berpengalaman dan terbiasa menangani 600 pasien dalam 1 bulan.





 

Klinik sunat Circum by Mutiara Cikutra menjadi pilihan banyak keluarga dan dipercaya oleh berbagai influencer karena merupakan satu satunya klinik sunat di Bandung yang pertama kali memberikan fasilitas klinik yang kids friendly, nyaman, dan instagramable.


 


Ruang tunggu yang dibuat menyerupai tempat bermain dan banyak yang bilang seperti kafe membuat baik anak maupun orang tua lebih relax saat menunggu giliran. 

 


Kenyamanan ini tentunya sangat penting ya, Ma, baik untuk anak maupun orang tua. Karena proses khitan atau sunat yang nyaman, tidak membuat takut atau trauma, sangat penting untuk dilakukan.

 

Metode sunat yang tersedia di Klinik Sunat Circum by Mutiara Cikutra Kota Bogor

 


Super Klamp Sealer (LEM)

  • Menggunakan alat disposable sekali pakai
  • Tanpa Klamp yang menempel
  • Tanpa jahitan karena menggunakan lem khusus
  • Metode terbaru dan modern dengan hasil estetik
  • Resiko pendarahan minimal
  • Perawatan mudah cukup semprot
  • Tanpa kunjungan kontrol ke klinik (cukup by WA)
  • Bisa langsung mandi dan beraktivitas normal

 

Smart Klamp

  • Menggunakan alat disposable sekali pakai
  • Klamp menempel 1-6 hari
  • Tanpa jahitan dan perban
  • Resiko pendarahan minimal
  • Perawatan hanya h-1 sebelum control
  • Bisa lansung mandi dan beraktivitas normal

 

Special method

  • Untuk kondisi penis tertentu seperti penis tenggelam, reparasi dll
  • Solusi sunat anak gemuk tanpa terapi hormone
  • Solusi sunat anak gemuk tanpa diet ketat

 

Pada tahun 2022 ini, metode yang baru diluncurkan adalah Metode Super Sealer, metode ini adalah pengembangan dari metode smart klamp dimana alat klamp akan dilepas saat tindakan sunat sehingga anak pulang tanpa alat menempel di penisnya. Metode ini juga tidak usah melakukan kontrol pasca sunat, sehingga cocok digunakan oleh orang tua yang tidak berdomisili di daerah klinik Circum by Mutiara Cikutra.

 

Layanan metode sunat dari Circum by Mutiara Cikutra sudah dipercayai oleh ribuan moms & dads termasuk beberapa tokoh dan influencer untuk melakukan sunat bagi putranya.  Seperti Bapak Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat), Fathi Nurimaniah @fathinrm, Herin Azka @herinazkaa, Della Permata @dellapermata dan masih banyak lagi.


Metode yang paling diminati adalah Metode Smart Klamp, metode serupa yang digunakan oleh putra dari Bapak Ridwan Kamil dan Bu Atalia Praratya saat mengunjungi Klinik Sunat Circum by Mutiara Cikutra tahun 2010 silam.

 

Dimana, sih, alamat Klini Sunat Circum by Mutiara Cikutra ini?

 

Klinik Sunat Circum by Mutiara Cikutra Bogor

Jl. Achmad Adnawijaya No. 15A

Tegal Gundil, Kec. Bogor Utara

Kota Bogor, Jawa Barat 16152

Tlp. 0819 4803 006 (Whatsapp Only)

https://goo.gl/maps/piNnbgZSi3GGVfY37

Website : www.circum.id

 

Klinik Sunat Circum by Mutiara Cikutra Pusat Bandung :

Jl. Cikutra no 115 E,

Cikutra, Kec. Cibeunying Kidul,

Kota Bandung, Jawa Barat 40124

Tlp. 0817 4803 006 (Whatsapp Only)

 

Semoga tulisan ini bermanfaat, dan menjadi informasi serta referensi bagi Mama yang ingin melakukan khitan bagi putranya dengan aman, nyaman, tanpa rasa takut dan trauma. Apakah Mama memiliki pengalaman menarik ketika melakukan khitan untuk anak? Sharing di kolom komentar, yuk, Ma.


7 komentar:

  1. lihat ruangannya cozy banget ya, aku jadi kebayang nih bulan ini insyaallah anakku juga di khitan dan masih cari-cari kliniknya di seputar bekasi. senangnya bisa mutiara cikutra ya dengan teknologi terbaru

    BalasHapus
  2. Setuju sekali moms khitan memang bermanfaat untuk Kesehatan, selain itu juga merupakan salah satu bentuk menjaga fitrah manusia, dalam hal kebersihan dan memelihara diri.

    BalasHapus
  3. alat yang menempel itu unik ya, anak jadi geli sendiri gak sih ini lihatnya, hehehheh.
    kalau di sini sekarang lagi banyak yang suka dengan sunat metode super ring Mma, jadi pake cincin gitu katanya.
    liburan ini saya mau bujuk si Sulung sunat, udah hampir 9thn juga tapi anaknya masih maju mundur.

    BalasHapus
  4. Urusan khitan ini ... di pihak saya dan suami tak pernah menakut-nakuti anak, kami malah memotivasi ... eh ada yang menakut-nakuti :D Gemas tapi bagaimana lagi soalnya orang tua :D

    BalasHapus
  5. Wah bisa jadi rekomendasi untuk saudara yang tinggal di daerah Bogor nih, soalnya anaknya ada rencana mau sunat pas liburan sekolah nanti. Kalau mas Deniz dan Zinan udah sunat dan pake smart clamp juga. Sekarang proses sunat jadi lebih aman dan nyaman dengan smart clamp.

    BalasHapus
  6. Aku pikir tadi lokasi Circum by Mutiara Cikutra di Bandung.
    Ternyata Circum by Mutiara Cikutra Bogor.
    Dengan pemahaman khitan dan metode yang canggih saat ini, in syaa Allaa anak tetap merasa nyaman, sehat dan minim resiko hal-hal negatif.

    Semoga semakin sehat, kuat dan menjadi lebih bertakwa kepada Allah subhanahu wa ta'ala.

    BalasHapus
  7. Pas banget dari kemarin lagi ngomongin soal sunat sama anakku juga. Pengen nyunatin anak sebelum dia duduk di bangku sekolah.

    BalasHapus