Tips Meningkatkan Percaya Diri

  

Halo Mama Digital!

Banyak dari kita yang merasa minder atau tidak percaya diri ketika menampilkan diri atau melakukan suatu hal. Rasa ini kadang muncul dari dalam diri sendiri, baik yang berkepanjangan atau pun ketika menghadapi situasi atau kondisi tertentu.

 


Kepercayaan diri menurut salah satu ahli Bernama Anthony (1992), yaitu sikap pada diri seseorang yang dapat/bisa menerima kenyataan, mengembangkan kesadaran diri, berfikir positif, memiliki kemandirian, dan mempunyai kemampuan untuk memiliki segala sesuatu yang diinginkan.

 

Kepercayaan diri ini kadang timbul dan tenggelam dalam diri, biasanya memang terjadi ketika kita banyak memikirkan hal tertentu, kemudian melihat ke dalam diri bahwasanya ada saja hal yang masih kurang di dalam diri kita.

 

Bagaimana agar kita memiliki rasa percaya diri dan menjadi pribadi yang lebih kuat dan optimis serta bisa selalu berfikir positif?

Berikut tips dari Mamin, yang bisa Mama coba, ya!

 

  • Selalu Berfikir Positif

Seorang pemenang selalu melihat kesempatan dalam sebuah masalah. Sedangkan seorang pecundang selalu melihat masalah dalam sebuah kesempatan.  Orang yang selalu berfikir positif bisa memancarkan energi , untuk selalu melakukan hal-hal baik dengan penuh percaya diri. Selama yang dilakukan adalah kebaikan, tidak membuat orang lain sakit/terluka, maka ia akan tampil menjadi pribadi yang selalu dikelilingi oleh energi yang positif.

Selain itu, berfikir positif juga sangat baik untuk membentuk kepribadian yang selalu hangat dan penuh semangat. Berfikir positif juga berperan penting agar badan/fisik terasa lebih sehat, karena pikiran positif akan mempengaruhi ketenangan hati, dan ketenangan hati akan berdampak bagi Kesehatan jiwa dan juga raga.

 

  • Kenali Kekurangan dan Kelebihan Diri

Percayalah, tidak ada orang yang sempurna di dunia ini. Jikalau kita melakukan kesalahan, di waktu yang lalu yang menyebabkan kita tidak percaya diri, berusahalah menerima, karena setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan.

Fokuslah membenahi diri dan mengasah skill yang kita miliki, sehingga tidak ada waktu untuk terus mengutuk masa lalu yang menyebabkan kita tidak percaya diri.

 

  • Lakukan Perubahan Kecil

Perubahan kecil yang kita lakukan, akan berdampak pada kehidupan kita. Hargai proses perubahan diri kita, fokus pada proses bukan hanya progres. Kepercayaan diri memang tidak bisa dibangun dalam sekejap. Perlu Langkah kecil yang konsisten, agar kita bisa lebih menghargai diri kita sendiri.

 

Melakukan perubahan kecil menjadikan kita lebih bijak dalam mengapresiasi diri sendiri, dari pada melakukan perubahan besar namun tidak konsisten dan merasa tidak ada hasil, kemudian kita merasa kecewa dan hal itu lah yang memicu kita tidak percaya akan kemampuan diri kita sendiri.

 

  • Berkomunitas Secara Positif

Di Era digital, banyak sekali komunitas yang menawarkan hal-hal yang positif bagi para anggotanya. Mulai dari ilmu pengetahuan, informasi, hingga pengembangan diri. Fokuslah bergabung pada lingkungan yang membangun diri kita secara positif, jauhi lingkungan atau komunitas toxic yang membuat kita tidak percaya diri.

Seperti sebuah nasehat yang mengatakan, bergaulah dengan penjual minyak wangi, maka kita pun akan ikut harum mewangi. Sebaliknya, jika kita berteman dengan pandai besi, maka suatu saat kita pun akan ikut terbakar terkena gemercik api.

 

  • Mengikuti Kegiatan Sosial

Ternyata, mengikuti kegiatan sosial berdampak baik bagi rasa percaya diri kita. Karena dengan membantu orang lain, akan muncul rasa ‘bangga’ dalam diri kita karena bermanfaat bagi orang lain.  Tak perlu jauh-jauh menjadi relawan kegiatan sosial besar, yuk kita tengok tetangga atau kerabat kita, siapa tahu di sana kita menemukan tempat untuk kita berbagi manfaat, sehingga rasa percaya diri dan apresiasi terhadap diri kita pun menjadi meningkat.

 

Itu dia tips, agar Mama bisa lebih percaya diri dan selalu bersemangat.

Semoga bermanfaat

www.tettytanoyo.com

9 komentar:

  1. Beberapa kali dan suatu situasi terkadang bikin enggak percaya diri, tapi pelan pasti harus melakukan perubahan hal kecil, biar terus berani dan muncul percaya diri.

    BalasHapus
  2. Sejujurnya ya aku tuh suka nggak pede, terutama kalau soal bentuk badan (karena memang endut). Kadang rasa kurang percaya diri juga muncul kalau misalnya lagi ada event dan ketemu orang banyak. Makasih banget tipsnya, kayanya mesti banyak praktek yang tips pertama dan kedua biar makin pede.

    BalasHapus
  3. Aku sepakat dg poin melakukan perubahan kecil. Ga harus drastis tapi yang penting konsisten sampai jadi habit. Semangat belajar, Mama!

    BalasHapus
  4. Terima kasih tipsnya. Kadang minder bisa muncul saat merasa tidak melakukan hal besar. Padahal melakukan hal sederhana asal bermanfaat/positif juga baik apalagi kalau dilakukan secara konsisten.

    BalasHapus
  5. Yang terasa saat Mengikuti Kegiatan Sosial ini adalah perasaan tenang dan senang melihat orang lain bahagia. Walau awalnya mungkin hanya sebagai volunteer. Lama-lama meningkat menjadi donatur dan bisa rutin mengikuti kegiatan sosial yang bermanfaat.

    BalasHapus
  6. Wah, bermanfaat sekali tipsnya, Mom. Sebagian sudah ada yang saya lakukan, dan memang efektif sekali untuk meningkatkan rasa percaya diri. Tapi yang paling sulit dilakukan menurut saya sih ya, selalu berpikir positif itu. Karena gak tau kenapa suka worry orangnya saya tuh.

    BalasHapus
  7. Aku tambahin satu lagi ya, Ma yaitu hindari lingkungan toxic yang selalu fokus pada kekurangan dan bikin insecure. Selalu temukan lingkungan yang mendukung dan positive vibes biar kita bisa berkembang.

    BalasHapus
  8. Kurang poin kelima nih, aku belum sempet mengikuti kegiatan sosial kayak ibu-ibu konglomerat itu wkwk.

    BalasHapus
  9. Makasih tipsnya, saya pun kdng ada timbul rasa kurang percaya diri bahkan minderan, apalagi ketemu orang,

    BalasHapus