Ini Dia Manfaat Menulis Bagi Mama Digital

 

 
Manfaat Menulis Bagi Mama Digital

Menulis bagi mama bukan cuma sekedar menunjukkan keterampilan semata. Seperti banyak kita dengar, ada banyak sekali manfaat menulis bagi kesehatan. Baik itu kesehatan fisik ataupun kesehatan jiwa. Tapi bukan hanya kesehatan fisik dan jiwa semata, manfaat menulis banyak mama berupa materi. Salah satunya dengan menulis blog. Kali ini saya jabarkan ya manfaat menulis bagi mama digital.

 

Bismillahirrahmanirrahiim 

 

Sebagai mama digital, sepertinya waktu 24 jam tak cukup ya. Pekerjaan tidak habis-habis rasanya. Mau marah mama nggak tau kemana. Akhirnya tanpa mama sadari, mama sudah memendam stress dalam tubuh mama. 

Bagaimana cara meringankan beban tersebut? Menulis. Menulis adalah jawaban bagi kita yang sedang dirundung stress. 

Seperti yang kita ketahui, ada banyak sekali manfaat menulis yang tersebar di mesin pencari Google. Disini ada beberapa manfaat dari menulis yang bisa mama ketahui, yaitu :


1. Self Healing

Jika kita search di Mbah Google, manfaat menulis banyak ditulis di situs-situs kesehatan. Dan sebagian besar mengatakan manfaat menulis adalah untuk penyembuahan diri sendiri. Sebagai seorang mama, baik mama yang di rumah ataupun mama yang bekerja diluar, mempunyaik tingkat kesibukan yang rasanya waktu 24 jam saja tidak cukup ya. Hal tersebut bisa membuat kita para mama mudah stress.

Percaya nggak, dengan menulis kita bisa perlahan meredakan stress dan mampu berpikir bijak dalam menyelesaikan masalah. Menulis melatih kita untuk mengatur emosi kita. Pelampiasan kekesalan kita dalam bentuk tulisan perlahan mampu melepas beban pikiran kita.


2. Menstimulasi Otak

Menulis bukan cuma memberikan manfaat bagi kesehatan jiwa kita, tapi juga bisa membuat kesehatan fisik kita. Motor utama tubuh kita ada di otak. Jika otak kita sudah bermasalah, maka akan ada masalah pada motorik tubuh kita. 

Lalu agar otak tetap terus sehat bagaimana caranya? Caranya kita rajin menstimulasi otak kita.

Menulis adalah salah satu kegiatan untuk menstimulasi otak kita. Semakin rajin kita menulis, semakin otak kita terstimulasi untuk terus bekerja dan meningkatkan syaraf-syaraf di otak kita tetap terus berfungsi dengan baik.dan terhindar dari penyakit otak, seperti alzeimer dan demensia.


3. Menghasilkan Uang

Iih.. dari menulis bisa menghasilkan uang? Yes, manfaat menulis selain buat kesehatan, bisa juga memperbanyak pundi-pundi uang kita. Ada banyak pekerjaan yang bisa kita ambil dari menulis, yaitu penulis novel, jurnalis, penulis buku cetak (berupa buku-buku panduan belajar dan keterampilan lainnya) 

Selain yang disebutkan diatas ada satu profesi dari menulis di era digital ini, yaitu sebagai blogger. 


Apa itu Blogger?

Blogger adalah penulis yang menggunakan media blog untuk tulisannya. Yes, blog adalah bentuk dari aplikasi web berupa tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai postingan) pada sebuah halaman web. Tulisan yang diisi seringkali dimuat berdasarkan urutan waktu kita post tulisan.

Kini banyak produsen besar yang memanfaatkan blog sebagai media marketing mereka. Biasanya mereka akan menyewa beberapa blogger untuk memeberikan pengetahuan tentang produk mereka.


Kenapa menggunakan blog?

Karena di era ini jika kita membutuhkan informasi, kita lebih banyak mencarinya di mesin pencari internet. Ada google, baido, bing, yahoo, dll. Nah, melalui blog biasanya informasi bisa kita dapat di mesin pencari.


Lalu bagaimana cara membuat blog?

 

Mama, mama tidak perlu khawatir. Ada banyak cara yang bisa mama cari di mesin pencari internet bagaimana membuat blog. Bahkan ada banyak pelatihan onlinenya. Termasuk yang akan dibuat oleh Connecting Mama. 


Connecting Mama sedang mempersiapkan pelatihan-pelatihan menulis bagi mama digital era ini. Diantaranya adalah Menulis Blog dan Menulis Novel.


Nah, buat mama-mama yang mau mengikutinya. Tunggu ya tanggal mainnya!

 

***


Penulis

Ade UFi

www.adeufi.com

20 komentar:

  1. salah satu manfaat menulis yang ku rasakan yaitu self healing, kalo lagi stress atau kehilangan seseorang biasanya dengan menulis membantu memulihkan perlahan..

    BalasHapus
  2. Keren, Connecting Mama. Betul ya menulis bisa sebagai self-healing. Saya sendiri kalau udah lama ga ngeblog kok uring-uringan

    BalasHapus
  3. Wah...sangat menantikan program menulis yang seru dari Connecting Mama.
    Suka sekali menjadi blogger, karena bukan hanya proses menulisnya, tapi juga persaudaraanya sesama blogger, kebersamaan, saling bantu dan alhamdulillah...banyak dapat ilmu yang bermanfaat dan banyak mencoba dan belajar hal-hal baru.

    Terimakasih Connecting Mama.

    BalasHapus
  4. setuju banget, salah satu alasan aku menulis di blog juga healing mbak dan memacu otak untuk berpikir. Kesini juga banyak kerja sama malah dan bergabung di connecting mama juga bs saling support nih.

    BalasHapus
  5. Wah, aku mau ikutan kalau ada kelas menulisnya. Karena semua manfaat yang disebut di atas itu kurasain banget.

    BalasHapus
  6. Asyikk akan ada pelatihan pelatihan menulis😍 saya nulis di blog untuk self healing & menyalurkan pemikiran, terus pada akhirnya jadi mulai belajar & cari tahu menghasilkan uang dari blog 😀

    BalasHapus
  7. Setuju, menulis itu banyak manfaatnyaMmanfaatnya, buat saya untuk mengekspresikan isi hati & pemikiran, menghasilkan uang itu bonus😀 ditunggu pelatihannya 😍

    BalasHapus
  8. Selalu menunggu kelas-kelas inspirasi digital a la Connecting Mama. Aku pun merasakan manfaat menulis di blog, terlebih bisa dapat cuan dan koneksi.

    BalasHapus
  9. Salah satu alasanku bisa terus produktif di rumah disamping ngurusin urusan rumah tangga ya gara-gara menulis di blog. Tambah teman juga di dunia maya, tambah rezeki otomatis.

    Saling support di berbagai kegiatan Connecting Mama

    BalasHapus
  10. Iya, setuju klo menulis bisa jadi sarana utk self healing
    Jadi ingat kisah Eyang Habibie lepas kepergian Ibu Ainun. Seperti tanpa arah dan konsultasi ke psikolog, kemudian menjadi kan menulis sebagai media 'penyembuhan' nya

    BalasHapus
  11. Saya semenjak menulis jadi seakan tidak punya waktu untuk overthingking. Bagus juga menurut saya untuk kesehatan mental ya mom.

    BalasHapus
  12. Terimakasih artikelnya ma sangat menarik dan inspiratif...semoga bisa ikut pelatihan yang akan diadakan

    BalasHapus
  13. bener bgt mom.
    aku juga ngerasain banget manfaat menulis, apalagi dapet uangnya. hehehe

    ditunggu bgt ya momin pelatihan menulisnya

    BalasHapus
  14. Jadi inget aku dulu ngeblog pengen berbagi informasi aja. Eh, alhamdulillah jadi ada tambahan sampingan juga hehehe.

    BalasHapus
  15. Kalau dulu yang namanya menulis identik dengan menulis buku atau skenario, skrng makin banyak org yang memanfaatkn platform digital utk menulis dan cukup menjanjikan utk dapat pundi2 rupiah ya.

    BalasHapus
  16. Wah, bagus tuh bikin pelatihan nulis blog dan novel. Semoga nantinya makin banyak penulis bagus. Yang sekarang udah nulis pun semoga jadi makin bagus dan bermanfaat tulisannya.

    BalasHapus
  17. Jadi blogger itu beneran bikin candu.
    Aku bisa berbagi tulisan mengenai apa yang aku suka. Dan semoga bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan info tersebut.
    Hehhe...review dan sinopsis drakor dan film Korea.

    BalasHapus
  18. Meski udah cukup banyak tulisan sponsor, saya tetap menjadikan blog sebagai sarana utama untuk menyalurkan keluh kesah dengan cara elegan :D

    BalasHapus
  19. Keren banget emnag banyak banget ya manfaat dari menulis terutama untuk mama di rumah aja

    BalasHapus
  20. Aku jadi ingat pertama kali bikin blog itu karena buat pelampiasan menulis. Semacam jadi diary. Tapi malu sendiri kalau baca tulisannya di awal ngeblog. Cringey gitu. Hahaha. Alhamdulillah seiring waktu aku juga dapat kesempatan untuk mendapatkan uang dari blog dan bisa bantu keuangan keluarga.

    BalasHapus