Kiat Sukses Mama Digital

 

 Hallo, Ma…

Menurut Mama,  defisini sukses sebagai Mama tuh , apa ya?

Pasti setiap orang punya definisi sukses masing-masing ya Ma. Termasuk ketika Mama memutuskan menjadi Mama Digital. Mama Digital? Mama yang suka depan komputer? Melek IT? Atau mama yang nongkrongnya bukan lagi di Cafe melainkan di Internet?

 


Ya apapun itu,  yang jelas Mama Digital adalah mereka para ibu yang memerankan dirinya di dunia digital dengan tujuan kebermanfaatan. Itu pula yang melatar belakangi Komunitas Connecting Mama ini. Saling support, saling memberikan manfaat melalui keahlian yang dimiliki masing-masing mama.

 

Sukses adalah kata kunci yang ingin diraih dalam peran apapun. Dan suksesnya seseorang memiliki standar suksesnya sendiri, jadi tidak bisa dibandingkan pribadi satu dengan lainnya. Melainkan saya yang kemarin dan saya yang sekarang. Mungkin itu barometer sukses yang harus kita raih ya , karena jika selalu membandingkan dengan yang lain bukannya menambah syukur, alih-alih malah tak senang hati.

 

Nah, untuk itu Mamin punya kiat-kiat sukses berlaku untuk siapapun, tidak terbatas hanya Mama Digital. Ini dia kiatnya:

 


1. Fokus pada tujuan hidup Mama.

Dilaramg tolah-toleh jika tujuannya bukan untuk upgrde diri. Betul, fokus ini menjadikan Mama cepat sampai ke tujuan. Berbeda sekali jika masih galau lirik sana-sini, gamang dengan tujuan sendiri. Mungkin ke tujuan akan tetap sampai namun jauh dari efisiensi waktu.

 

2.Menikmati setiap  proses kehidupan

Banyak orang hanya memikirkan hasil, tapi malas dengan proses yang harus dilaluinya. Padahal justru proses itulah yang akan membawa kita pada yang hendak kita tuju. Dengan menikmati proses, kita lebih mudah menjalani hari-hari, apapun itu tantangannya. Rintangan yang ada jadikan sebagai pemicu untuk mendobrak batas kemampuan diri. Mungkin kita tak asing dengan ungkapan “A Journey of a thousand miles begins with a single step”.


So, mulai dan nikmati setiap proses kehidupan yang akan menghantarkan Mama ke pintu gerbang kesuksesan.

 

3.Belajar tanpa batas

Jika dulu sebelum era digital tumbuh belajar harus keluar rumah. Kini? Tidak lagi. Mama bisa mengikuti investasi leher ke atas. Yes, investasi otak akan membuat Mama menambah wawasan, skill dan pengetahuan. Guru dan mentornya bisa sekaliber Mentor-mentor expert yang bahkan Mama sendiri ngefans dengan pribadi dan keilmuannya.

 

Ya, belajarlah tanpa batas karena teknologi meruntuhkan dinding-dinding pembatas rumah kita, dan menyatukan kita dengan satu jaringan. Tak ada alasan lagi untuk tak belajar ya Ma. Selalu sempatkan belajar ini dalam aktivitas harian.

 

4.Bijak membagi waktu dan tahu skala prioritas

Sebagai Mama Digital membagi dan memanage waktu adalah langkah awal untuk bergerak. Dengan rutinitas harian di rumah, waktu pun ter-post satu per satu. Waktu bersama anak, pasangan, keluarga, urusan dapur dan tentu aktivitas digital yang Mama lakukan termasuk deadline-deadline yang Mama miliki.

 

Tentukan skala prioritasnya, mana yang penting genting, mana yang masih bisa diakhirkan. Dengan manajemen dan Daily Plan tersebut,  maka Mama akan percaya diri hari ini jam ini harus ngapain. Sehingga semua bisa selesai dengan damai. Karena orang yang beruntung dan sukseslah yang mampu memanfaatkan waktunya dengan sebaik mungkin.

 

5.bergabung dengan komunitas positif

Kalau kata anak Jaksel, Circle. Komunitas merupakan salah satu circle di mana frekuensi, minat bakat kita sama dengan lainnya. Meskipun beda karakter, tapi  setidaknya orang-orang yang tergabung disana bervisi sama, apapun itu. Jika Mama sudah menjadi Mama digital jangan ragu untuk bergabung dengan komunitas yang akan membawa Mama naik level pengetahuannya.

 

Dari komunitas inilah kita jadi banyak belajar. Salah satunya komunitas yang sedang Mama lihat ini, @connectingmama, hehe. Yang menjadikan Mama berdaya, saling support dan saling memberi impact karena supporting system itu akan membuat jalan Mama lebih mudah sampai ke tujuan.

 

Itulah sedikit kiat untuk Mama Digital meraih Kesuksesan Versi Mama sendiri. Semoga bermanfaat.

 

www.shinefikri.com

 

 

 

5 komentar:

  1. Penting banget kita fokus, ketimbang tolah-toleh lihat kesuksesan atau pencapaian oranglain, kecuali kita mampu menjadikan itu sebagai motivasi ya gpp

    BalasHapus
  2. semakin bertambah umur, skala prioritas saya bergeser, kalau dulu suka rubyung sana kemari berkomunitas makin kesini lebih fokus ke hal-hal yg urgent saja.. lebih memaksimalkan waktu untuk hal-hal yang produktif, thank you sharing artikelnya !

    BalasHapus
  3. Setuju banget nih. Apalagi soal yang bergabung dengan komunitas yang positif. Jadi bisa saling support dalam kebaikan.

    BalasHapus
  4. bergabung di komunitas memang sekarang sangat bermanfaat ya untuk kita mengembangkan diri. kalau saya yang masih susah kayaknya membagi waktu deh agar bisa selalu produktif

    BalasHapus
  5. Bergabung dengan komunitas itu memang menambah semangat dan aura positif saling support dan berbagi info

    BalasHapus